Wako Pekanbaru Terima Pin Emas Dari Kemenag RI
Wali Kota Pekanbaru dan Sekda Kota Pekanbaru mendapat pin emas dari Kementrian Agama RI. Apresiasi ini atas keberhasilan program masjid paripurna. Foto/Ist

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mendapat pin emas dari Kementrian Agama RI. Apresiasi ini atas keberhasilan program masjid paripurna di Kota Pekanbaru.

Sekretaris Jendral Kemenag RI, Nizar Ali menyerahkan langsung pin emas kepada Wali Kota Pekanbaru, Kamis (24/12/2020) kemarin. Prosesi penyerahan pin emas berlangsung di Aula Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Firdaus mendapat pin emas sebagai pencetus program tersebut. Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil juga menerima pin emas tersebut atas dedikasi dalam pengembangan peran masjid di Kota Pekanbaru.

"Kita sangat apresiasi program ini. Apalagi sudah lama menjadi perhatian kementrian," jelas Sekretaris Jendral Kemenag RI, Nizar Ali.

Program ini tidak cuma menjadikan masjid sebagai tempat beribadah. Masjid juga menjadi pengembangan pendidikan dan ekonomi kerayakyatan.

Program ini sudah mencakup 96 masjid yang lokasinya menyebar di 12 kecamatan. Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan bahwa masjid paripurna punya program tri daya di masjid paripurna.

Masjid paripurna tidak cuma berfungsi sebagai tempat ibadah dan pendidikan. Masjid juga menjadi tempat untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat.

Pemerintah kota pun membentuk lembaga pengembangan ekonomi umat di masjid paripurna. "Satu caranya dengan membentuk koperasi syariah. " paparnya.

Firdaus menyebut bahwa dalam membentuk lembaga ekonomi berbasis masjid, pemerintah kota menggandeng banyak pihak. Pemerintah Kota Pekanbaru mengembangkan MDTA yang ada di masjid paripurna.

MDTA yang punya fasilitas memadai bakal ditingkatkan menjadi sekolah formal. Tahap awal ada tiga sekolah dikembangkan menjadi sekolah formal untuk tingkat PAUD, SD dan SMP.

Ada rencana menjadi PAUD di Masjid Agung Paripurna Ar Rahman, Jalan Jendral Sudirman. Kemudian untuk SD di Masjid Mujahidin (Kecamatan Payung Sekaki). Sedangkan untuk tingkat SMP di Masjid Nurul Imam (Kecamatan Tenayan Raya). (redaksi)