Ini Lima Cara Ampuh Turunkan Demam Tubuh
Ilustrasi Termometer.

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Orangtua pasti resah untuk menurunkan panas pada anak. Mereka khawatir ketika suhu tubuh meningkat.

Kondisi ini lantaran terjadi perlawanan tubuh yang sedang melawan segala jenis infeksi, virus, dan bakteri. Namun suhu tubuh yang panas bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Walau demikian saat suhu tubuh panas berhari-hari bisa langsung mendatangi dokter. Ada sejumlah cara untuk menurunkan panas pada anak seperti dilansir dari tribunnews.com.

Anda bisa menggunakan beberapa bahan rumahan. Berikut beberapa cara menurunkan panas dari luar.

1. Kompres Air Hangat

Ini adalah satu cara menurunkan panas pada anak. Cara ini adalah satu cara yang sangat efektif.

Ada yang sudah melakukannya sejak zaman nenek moyang dulu. Anda cukup menyiapkan air hangat dan sebuah kain.

Kemudian mencelupkan kain ke air hangat. Lalu menaruh kain di beberapa bagian tubuh sepertu dahi, ketiak, lipatan tangan dan lipatan kaki.

2. Lakukan Secara Berkala

Kompres air hangat ini lebih efektif dibanding kompres air dingin. Kondisi pembuluh darah akan melebar akibat suhu hangat. Ini berguna untuk memicu keringat dan mengeluarkan panas dari tubuh.

3. Mandi Air Hangat

Cara menurunkan panas pada anak berikutnya adalah mandi air hangat. Bila anda merasa kompres air hangat tidak terlalu membantu.

Anda bisa membawa anak Anda ke kamar mandi dan memandikannya di sana atau memandikannya dengan menyekanya. Misal basahi handuk dengan air hangat, lalu lap ke seluruh tubuh anak.

Setelah itu, berikan anak pakaian yang nyaman agar dia bisa beristirahat.

4. Gunakan Kaos Kaki Basah

Cara menurunkan panas yang ketiga bisa anda lakukan saat anak mau tidur. University of Maryland Medical Center melansir satu cara menurunkan panas dengan kaos kaki basah juga ampuh untuk menurunkan panas.

Caranya dengan merendam sepasang kaos kaki katun dalam air hangat, peras sisa airnya dan pasangkan pada kaki anak. Pakai kaos kaki lebih tebal untuk melapisi kaos kaki basah tersebut.

Cara ini berguna untuk mengedarkan aliran darah yang kencang di ujung-ujung kaki dan merangsang aktivitas sistem imun tubuh.

5. Banyak Minum Cairan

Cara menurunkan panas yang keempat adalah banyak minum cairan.
Sokter William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine menyebut bahwa yang sedang sakit harus banyak minum cairan.

Minum cairan di sini bisa air putih, teh tawar atau manis hangat, atau jus buah segar. Untuk jus buah, usahakan tidak menggunakan gula.

Bisa minum satu hingga dua cangkir per hari. Uap panas akan mengencerkan lendir dan memicu produksi keringat. (tribunnews)