Seratus Orang Lebih Kena PHK Selama Pandemi Covid-19 di Kota Pekanbaru
Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal. Foto/Pekanlive.com

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Seratus orang lebih karyawan di Kota Pekanbaru terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi covid-19.

Total 109 orang terkena PHK dalam pandemi covid-19 di Kota Pekanbaru. Kondisi tersebut karena banyak usaha yang tutup selama pandemi.

Pandemi covid-19 yang terjadi juga menyebabkan 705 orang karyawan terpaksa dirumahkan. Gelombang PHK dan karyawan dirumahkan terjadi sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada April 2020 lalu.

"Mereka terkena PHK dan dirumahkan sejak April lalu" terang Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya, jumlah perusahaan yang PHK dan merumahkan tenaga kerja sebanyak 64 perusahaan. Kebanyakan sektor yang terdampak adalah kuliner, perhotelan dan pariwisata.

Pihaknya mengaku belum punya program khusus untuk membantu ratusan pekerja yang terkena PHK. Mereka mengaku masih mendata para karyawan yang terkena PHK.

Dinas juga sudah memasukkan para karyawan tersebut dalam bursa kerja. Ia menilai upaya ini agar perusahaan bisa merekrut karyawan sesuai keahliannya. (redaksi)