Jumlah Pendaftar PPDB Hari Pertama di Kota Pekanbaru Membludak
Orangtua calon peserta didik menemui pihak SMPN 20 Pekanbaru saat kehabisan nomor antrian, Rabu (2/6/2020). Foto/Pekanlive.com

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengaku pendaftar PPDB hari pertama, Rabu (1/7/2020) di sejumlah sekolah membludak hingga kehabisan nomor antrian. Ia pun mengingatkan agar pihak sekolah bisa memberi penjelasan kepada orangtua calon peserta didik.

Ismardi tidak ingin terjadi kesalahpahaman antara sekolah dan orangtua pendaftar. Mereka harus memberi pengertian bahwa setiap harinya jumlah pendaftar PPDB terbatas.

"Kita sudah sampaikan sejak awal, bahwa setiap harinya jumlah pendaftar dibatasi karena kondisi covid-19," paparnya, Rabu.

Ismardi juga mengklaim bahwa PPDB tingkat SD dan SMP hari pertama tidak ada gejolak berarti. Ia mengaku belum ada laporan terkait permasalahan teknis saat PPDB.

Apalagi dalam PPDB kali ini sekolah membantu proses input dan pendaftaran para calon peserta didik. Ia mengaku penyelenggaran PPDB kali ini orangtua bisa datang ke sekolah memastikan anaknya sudah mendaftar.

"Sekolah ikut menbantu pendaftaran, karena tidak semua calon peserta didik bisa mengakses pendaftaran secara online," terangnya.

Ismardi mengingatkan kepada pihak sekolah agar melakukan validasi yang cernat terhadap data domisili calon peserta didik.

Ia menyebut panitia PPDB di sekolah harus mengutamakan Kartu Keluarga (KK) untuk pendaftar jalur zonasi. Mereka juga harus memeriksa data surat domisili. (redaksi)