Wako Pekanbaru Terbitkan Pedoman Isolasi Mandiri Bagi Pasien Covid-19
Walikota Pekanbaru, DR Firdaus MT. Foto/Ist

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Walikota Pekanbaru, DR Firdaus MT mengimbau pasien positif covid-19 tanpa.gejala melakukan isolasi di fasilitas karantina khusus yang disediakan pemerintah. Hal ini disampaikannya, Senin (19/10/2020).

Apalagi sudah ada pedoman isolasi mandiri bagi pasien positif covid-19. Pedoman itu tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru No.180 tentang Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Tanpa Gejala dan Gejala Ringan di Kota Pekanbaru.

Firdaus menyebut bahwa perwako ini untuk mempermudah pengawasan terhadap pasien tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan. Satu kriteria isolasi mandiri nantinya diberlakukan bagi pasien tersebut yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Perwako ini juga memuat sejumlah tata cara isolasi mandiri. Mereka nantinya melakukan isolasi mandiri di fasilitas yang disediakan pemerintah.

Mereka pasien yang jalani isolasi di fasilitas disediakan pemerintah berhak memperoleh pelayanan kesehatan, konsumsi dan fasilitas lain sesuai keuangan daerah. Mereka yang jalani isolasi mandiri harus menyampaikan kondisi kesehatan secara jujur.

Pasien juga harus mengikuti protokol kesehatan. Bagi pasien yang merupakan kepala keluarga, nantinya keluarga memperoleh bantuan sosial berupa konsumsi harian. (ADV)