Ketua KPA Pekanbaru : Penanggulangan Kasus HIV Butuh Dukungan Semua Pihak
Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. Foto/Pekanlive.com

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengajak semua pihak terlibat penanggulangan AIDS. Ia menyebut upaya penanggulangannya membutuhkan dukungan semua pihak.

Ayat menyebut bahwa dukungan ini seiring tema peringatan Hari AIDS tahun 2020. Ada upaya memperkuat kolaborasi untuk meningkatkan solidaritas.

"Jadi ada kolaborasi seluruh pihak terkait dan masyarakat umum. Semuanya bergerak bersama," ujarnya, Selasa (1/12/2020).

Dirinya menyebut bahwa harus ada sinergi dalam mencegah serta mengendalikan kasus HIV/AIDS. Satu cara efektif mendorong tes HIV yang berlanjut dengan pengobatan sejak dini.

"Inilah upaya bagi pasien yang terdiagnosa HIV positif," jelasnya.

Ayat pun mendorong agar upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS tetap berlangsung selama pandemi covid-19. Begitu juga dalam pengobatan bagi Orang dengan AIDS (ODHA).

Wakil Walikota Pekanbaru ini pun mengingatkan tenaga medis dan para penjangkau bisa disiplin mengikuti protokol kesehatan. KPA pun ikut dalam upaya menekan penyebaran HIV/AIDS di Pekanbaru.

Caranya dengan mengajak pasien HIV/AIDS aktif memeriksakan dirinya ke puskesmas. Apalagi untuk layanan VCT tersedia di 21 puskesmas. 

Waspadai penularan HIV/AIDS. Penularannya tidak cuma lewat hubungan seks. Ada penularan lewat transfer darah dan penggunaan jarum suntik secara bergantian. (redaksi)