Iuran BPJS Naik, Pemko Pekanbaru Tambah Anggaran untuk PBI
BPJS KESEHATAN

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Tarif BPJS Kesehatan alami naik tahun 2020 ini. Ada kenaikan signifikan bagi peserta yang Penerima Bantuan Iuran (PBI) di kota Pekanbaru.

Iuran naik dari Rp 23.000 menjadi Rp 42.000. Kondisi ini membuat anggaran iuran PBI di APBD Kota Pekanbaru ikut meningkat.

Anggaran untuk PBI pada tahun 2019 mencapai Rp 9 Miliar. "Jumlahnya bisa lebih dari ini karena ada kenaikan tarif iuran PBI," jelas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, Sabtu (11/2/2019).

Pemerintah kota juga punya solusi bagi warga kurang mampu yang belum punya jaminan kesehatan. Ada program Kartu Pekanbaru Sehat (KPS).

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT sempat menyebut bahwa kenaikan iuran BPJS Kesehatan adalah kebijakan di tingkat pusat.  Ia tetap sarankan masyarakat untuk ikut program BPJS Kesehatan.

Masyarakat kurang mampu di Pekanbaru tidak perlu khawatir. Pemerintah kota punya program bagi masyarakat kurang mampu yang belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Mereka bisa ikut program Kartu Pekanbaru Sehat (KPS). Program ini dulunya dikenal dengan jamkesda.

Program ini untuk subsidi bagi masyarakat kurang mampu yang belum masuk dalam program Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Firdaus menjelaskan bawah anggaran program ini bersumber dari APBD Kota Pekanbaru. Program ini menampung masyarakat yang belum ikut BPJS Kesehatan. (redaksi)