Buang Sampah Sembarangan, Ratusan Orang Terjaring Satgas DLHK Kota Pekanbaru
Satgas Kebersihan DLHK Kota Pekanbaru menjaring satu pelanggar buang sampah sembarangan. Foto/Ist

PEKANLIVE.COM,PEKANBARU- Banyak oknum masyarakat masih buang sampah sembarangan di Kota Pekanbaru. Mereka pun terjaring Satgas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Masyarakat yang kedapatan buang sampah sembarangan. Ada juga yang membuang sampah di luar jadwal seharusnya.

Jumlah pelanggar yang terjaring dari Januari hingga November 2020 mencapai 308 orang. Petugas pun terpaksa menyita KTP elektronik pelanggar yang belum membayar denda.

"Jadi kalau belum bayar denda ya kita sita sementara. Kau sudah bayar denda, baru kita kembalikan," terang Kepala DLHK Pekanbaru melalui Kepala Seksi Penegakan Hukum Lingkungan, Rubi Adrian, Senin (30/11/2020).

Kebanyakan dari pelanggar membuang sampah tidak pada jadwalnya. Banyak yang beralasan tidak tahu jadwal membuang sampah di TPS terdekat.

Oknum masyarakat yang buang sampah sembarangan terjaring karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru Pelanggaran No. 8 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah.

Besaran denda diatur dalam Peraturan Walikota Pekanbaru No.134 tahun 2018 tentang tata cara pengenaan sanksi admistrasi terhadap pelanggaran perda itu. Besaran minimal denda yakni Rp 250.000. (redaksi)